Search This Blog

Thursday 16 August 2012

3 Proyek Kereta di Jakarta Bisa Kurangi Kemacetan


     BERANDA     PROPERTI      SOSIAL       SERBA SERBI     KESEHATAN      

www.cmbers.blogspot.com                                                Kamis ,16 Agustus 2012|10:30


3 Proyek Kereta di Jakarta Bisa Kurangi Kemacetan



                                                Wiji Nurhayat 

 cmbers Jakarta - Tiga 3 proyek rel melingkar di Jakarta diperkirakan akan mengurangi kemacetan yang sudah biasa terjadi setiap hari. Tiga proyek ini adalah MRT yang sedang dalam pembangunan, Monorel masih dalam tahap penunjukan kontraktor dan Commuterline yang sudah beroperasi.

Ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan saat ditemui detikFinance di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (14/08/12).

"MRT, Monorel dan Commuterline bisa mengurai kemacetan di Jakarta jika semua itu mempunyai sinergisitas yang harus dibangun," tuturnya.

Seperti yang diketauhi Proyek MRT tahap I sepanjang 23,8 kilometer, rencananya menghubungkan Lebak Bulus-Bundaran HI, koridor utara-selatan, jalur MRT terdiri dari 13 stasiun MRT. Yaitu sebanyak 7 stasiun sepanjang 7 km berada di atas (elevated/layang) yaitu stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sekali jalan MRT bisa mengangkut 1.500 penumpang.

Sedangkan usulan rute baru monorel dari Adhi Karya adalah: Tanah Abang-Thamrin City-Grand Indonesia-Dukuh Atas (Ketemu MRT)-Four Seasons Hotel-Taman Rasuna Said-Casablanca-Menara Kadin-Mega Kuningan-Ciputra World-Sampoerna Strategic-Semanggi-SCBD-Ratu Plaza-Senayan dan dapat menampung 800 penumpang sekali angkut.

Kemudian untuk jalur Commuter yang dipegang oleh PT (Persero) KAI yang menghubungkan Jakarta-Bogor dan Jakarta-Serpong bisa mengangkut sekitar 400-500 ribu penumpang perhari.


400-500 ribu penumpang perhari.

"Ini bukan persaingan bukan juga subsitusi bagi Commuter, MRT dan Monorel tetapi sebagai komplemen yaitu saling melengkapi satu sama lain untuk menangani kemacetan yang menjamur di Jakarta," tutupnya.

(ang/ang)  
Sumber : ( *detik.com )

No comments:

Post a Comment